Mengembangkan Disiplin Kepemimpinan Spiritual Melalui Bhagavad Gita


(Foto: Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya (tengah baju putih) berfoto bersama dengan peserta Gita Camp On Leadership)

Cibubur - Dalam rangka merayakan hari disabdakannya Bhagavad Gita ke dunia ini, panitia Gita Jayanti Nasional 2017 menyelenggarakan Gita Camp On Leadership di Buperta, Cibubur, pada tanggal 7–8 Oktober 2017.

Menurut Ketua Pelaksana, Yadu Nandana, Gita Camp On Leadership merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gita Jayanti Nasional tahun 2017 yang puncak kegiatannya akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang. Kegiatan ini sebagai ajang pendidikan karakter kepemimpinan bagi pemuda-pemudi Hindu berdasarkan Kitab Bhagavad Gita. “Acara ini adalah untuk membentuk karakter pemimpin bagi pemuda-pemudi Hindu dan juga untuk memperdalam ajaran kitab Bhagavad Gita, sebagai salah satu kitab suci umat Hindu” ujarnya.

Yadu Nandana mengatakan, kegiatan Gita Camp on Leadership diikuti kurang lebih 300 orang peserta yang merupakan pemuda–pemudi dari 11 provinsi di Indonesia. “Ada dari Bali, Palembang, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan DI Yogyakarta,” jelasnya. Sebagai awal dari rangkaian acara Gita Camp on Leadership ini dilakukan Gita Puja yaitu Pemujaan kepada kitab Bhagavad Gita dan juga pelafalan mantra–mantra Veda guna memohon karunia dari Hyang Widhi Wasa.

Acara Gita Camp on Leadership dibuka secara resmi oleh Dirjen Bimas Hindu, Prof. Drs. I Ketut Widnya. M.A., M.Phil., Ph.D. sekaligus sebagi pemateri pada sesi pertama bersama KRT Gaura Mancacaritadipura, Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Pada sesi pertama dibahas materi mengenai “Spiritual Awarness – Kesadaran Atman” yang dimoderatori I Wayan Kantun, S.Ag, M.Fil.H.

Sementara Pada sesi kedua diisi Ketua Umum Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya yang membahas mengenai “Mengambil Tanggung Jawab Dharma”.

Total ada lima sesi pada hari pertama. Pokok pembahasan lainnya yang dibahas pada hari pertama adalah “Pengendalian Diri & Karakter Sattvika” yang dibawakan KRT Gaura Mancacaritadipura dan “Kerjasama & Saling Ketergantuangan” yang dibawakan I Wayan Kantun, S.Ag, M.Fil.H.

Pada malam harinya, terdapat satu sesi special tentang berbagi pengalaman dan juga penerapan Bhagavad Gita dalam kehidupan sehari-hari oleh KRT Gaura Mancacaritadipura, yang mana beliau ini sebelumnya adalah warga negara Australia yang kini telah menjadi warga negara Indonesia dan memeluk Hindu secara taat yang awalnya didasari oleh Bhagavad Gita. Acara pada hari pertama ditutup dengan pelaksanaan Agni Hotra Yadnya dan juga pembacaan Bhagavad Gita.

Keesokkan harinya, para peserta mengikuti kegiatan Yoga. Adapun kegiatan Yoga ini dimulai dari subuh pada saat brahma muhurta, yang mana dikatakan bahwa pada saat inilah kondisi Sattvika (kebaikan) berada. Persembahyangan Tri Sandya dan kegiatan yoga ini dibimbing oleh Yayasan Anand Krishna dan STAH Dharma Nusantara Jakarta.

Setelah pelaksanaan yoga, para peserta mengikuti outbond dan juga games yang bertujuan untuk melatih kedisiplinan dan juga pembentukan kerjasama antar pemuda-pemudi Hindu. Games bernama “Reinkarnasi” ini dibawakan I Nyoman Lasya yang berasal dari kesatuan Koppasus. Para peserta mengikuti games ini dengan sangat antusias dan penuh dengan kegembiraan.

Selanjutnya pemaparan materi “Swadarma Membela Negara” diisi Rektor Universitas Pertahanan, Letjen TNI Dr. (Cand) I Wayan Midhio M.Phil. “Generasi muda seperti para peserta Gita Camp on Leadership harus menjadi pemimpin yang selalu berada dalam jalan Dharma, sesuai dengan ajaran Bhagavad Gita” ujarnya.

Sesi terakhir mengambil tema “Menjadi Pemimpin Muda Dharma” dikemas dalam acara Talk Show yang dibawakan tokoh-tokoh muda Hindu yang berprestasi dibidangnya, yaitu Dr. I Nyoman Marpa, S.E., M.BA., M.M., Agung Wiradana (Golden Memories Indosiar), KS. Arsana, S.Psi dan Drs. I Ketut Ardana, M.Pd dan dimoderatori Pande Kadek Yuda Bakti selaku ketua panitia Gita Jayanti Nasional 2017.

Kegiatan Gita Camp on Leadership diselenggarakan Panitia Gita Jayanti Nasional 2017 (Perkumpulan ISKCON) dan didukung Kementerian Agama RI, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) dan organisasi-organisasi Hindu Nasional lainnya.

Oleh: admin
Source: Press Release dari Panitia Pelaksana