Sambut Nyepi Umat Hindu Bersihkan Pura Kolhua

 
(Foto: Umat Hindu Kota Kupang Melakukan Bersih-bersih di Lokasi Pura dan Pinggiran Jalan dalam Rangka Menyambut Hari Raya Nyepi, Minggu 10 Februari 2019)

Kupang - Umat Hindu di Kota Kupang melakukan pembersihan dan penanaman pohon di sekitar Pura Agung Giri Kertha Bhuwana, Kolhua, Kota Kupang, Minggu (10/2/2019). Mereka membersihkan rumput di pinggiran jalan sampai ke lokasi pura, dan menanam pohon kelapa dan mahoni.

Ketua Panitia Nyepi 2019, I Gusti Agung Ngurah Suarnawa sewaktu ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, setiap tahun menjelang perayaan Nyepi, selalu dilakukan kegiatan serupa. "Tiap tahun, perayaan untuk agama Hindu adalah Nyepi. Rangkaian kegiatannya seperti bakti sosial dan donor darah. Ini adalah salah satunya," katanya.

Dikatakannya, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan beberapa agenda lainnya. "Setelah ini, kita akan lakukan donor darah yang berlokasi di Pura Oebananta, tanggal 16 Februari 2019. Selanjutnya, tanggal 24 Februari 2019 kita bakti sosial untuk pemeriksaaan kesehatan dan pembagian sembako baik umat Hindu maupun umat lain yang ada di sekitar sini," katanya.

Menurutnya, perayaan Nyepi yang jatuh pada tanggal 7 Maret 2019 adalah momen refleksi bagi umat Hindu. "Nyepi artinya umat Hindu melakukan penyuciaan diri dan refleksi selama setahun berlangsung," ujarnya.

Ketua Banjar Dharma Agung Kupang, I Wayan Sumartika, mengatakan, persatuan masyarakat Hindu di Kota Kupang dan sekitarnya cukup bagus. "Persatuan kita di sini bagus. Kita sudah bentuk lembaga adat yang disebut dengan Banjar Dharma Agung Kupang. Itu urusannya tentang suka duka. Suka urus perkawinan, duka urus kematian. Di samping kita lakukan pembangunan fisik, semuanya dari Banjar yang bertanggung jawab," kata Wayan Sumartika.

Dikatakannya, semua orang Hindu yang datang ke Kota Kupang harus mendaftar di lembaga adat tersebut. "Di sini ada sekitar 500 KK. Tiap bulan kita lakukan pertemuan di masing-masing wilayah sektor," ujarnya.


(Foto: Umat Hindu Kota Kupang Membabat Rumput di Pinggiran Jalan dalam Rangka Menyambut Hari Raya Nyepi, Minggu 10 Februari 2019)

Source: Koran Post Kupang