Umat Hindu di Konawe Gelar Festival Ogoh-Ogoh

Kalosara - Ribuan umat Hindu memadati kantor Pemerintahan Kabupaten Konawe, Minggu (19/03/2017). Kedatangan masyarakat tersebut untuk memeriahkan Festival Ogoh-ogoh yang digelar dalam rangka menyambut hari raya Nyepi pada tanggal 28 Maret mendatang.

Berbagai macam pernak pernik diikut sertakan umat Hindu disetiap untuk memeriahkan Festival yang akan digelar setahun sekali. Mulai dari lomba ogoh-ogoh hingga dengan lomba tarian. Kantor daerah yang menjadi pusat perayaan seketika menjadi Pura. Lantaran sejumlah pernak pernik berada disetiap penjuru halaman kantor Pemerintah Daerah (Pemda).

Toleransi antar umat bergama dan suku nampak terlihat, pasalnya sejumlah masyarakat muslim, kristen, dan suku lainnya juga turut hadir menyaksikan tarian yang diperagakan setiap anggota pembawa ogoh-ogoh.

Kantor daerah dipenuhi masyarakat Konawe yang ingin menyaksikan kegiatan langka ini, semua suku dan agama berbaur menyaksikan kegiatan yang sangat meriah tersebut. Cuaca yang begitu bersahabat membuat perayaan lomba ogoh-ogoh ini berlangsung hikmat dan damai.

Bupati Konawe, Kery Saiful Kanggoasa yang sebelumnya telah melepas peserta pawai ogoh-ogoh di lokasi Stasiun Tilawatil Guran (STQ) begitu hanyutnya melihat pentasan yang dimaikan oleh warganya. Sesekali dirinya, menghampiri para peserta Festival, hal itu dilakukannya untuk memberikan support dan semangat kepada para peserta.

Bahkan pengunjung sesekali meminta berfoto dengan orang nomor satu di Konawe ini. Para peserta mulai star dari lokasi STQ menuju kantor daerah Konawe.

Selain masyarakat, turut hadir anggota DPRD Konawe, Rusdianto, SE., MM, Kadek Rai Sudiani, Kapolres Konawe AKBP Jemi, Sekretaris Daerah Konawe H. Ridwan Lamarao dan seluruh jajaran Satua Perangkat Daerah (SKPD).

Source: www.kalosaranews.com